Belajar Menulis

Ciri-ciri-Gaya-Menulis-beritajurnalistik-

Menulis, sejak kapan Saya (belajar) menulis? mungkin sejak Saya mulai masuk sekolah, yaa! pasti kebanyakan orang akan menjawab dengan jawaban yang sama. Tapi semenjak pertama belajar menulis, apakah Saya/Anda sudah menghasilkan Karya Tulis, karya yang dapat bermanfaat/menginspirasi banyak orang? Saya akan menjawab, belum! Karya Tulis yang bersifat untuk kepentingan pribadi khususnya untuk mendapat nilai tugas dari Sekolah/Kampus mungkin sudah banyak, hehe.. seperti cerpen, puisi, makalah, skripsi dsb.

Tapi, apakah untuk orang yang berpendidikan hal yang demikian itu sudah cukup? Saya akan menjawab, belum. Saya ingin lebih, dan lebih (mengasilkan banyak karya). Dulu pernah punya gagasan untuk menulis, dari sekedar membuat “coret-coretan” dibuku, belajar nge-Blog, “Copy-Paste” karya ilmiahnya orang lain, hehe.. tapi entah kenapa walaupun itu hanya sekedar menulis tapi ada halangan yang membuat Saya TERHENTI dalam kegiatan menulis.

Sebagai pribadi yang ingin belajar menulis dan menghasilkan karya, ada saja hambatan yang menghampiri. Yaa! (mungkin) kurangnya ide dalam waktu yang tepat saat menulis menjadi ketidakkonsisten-an Saya dalam menulis, terkadang begitu banyak ide yang bisa ditulis tapi waktu tidak memungkinkan, ada waktu yang memungkinkan untuk menulis tapi ide begitu “kering”. Dan ketika keinginan untuk menulis ada dan idepun tiada, Saya tetap memaksakan untuk menulis apapun itu! walaupun alhasil membuat Saya “tersiksa”. Sadar akan hal itu, salah satu penyebabnya karena (dulu) Saya adalah termasuk orang yang minat membacanya kurang.

Mengutip dari Pribahasa Jawa “witing tresno jalaran soko kulino“, orang bisa suka/mencintai (suatu hal) karena dari sebuah kebiasaan. Maka tumbuhkanlah minat untuk membaca, dan biasakan kita untuk suka membaca. Orang akan kesulitan menulis karena kurangnya minat membaca dan akhirnya kurangnya ide/gagasan menjadi hambatan untuk (selalu konsisten) menulis seperti halnya Saya, hehe.. Jadi marilah Kita cari apa yang menjadi minat baca Kita, dan kemudian mari tuangkan ide dan ilmu yang kita dapat dari membaca itu menjadi sebuah Karya Tulis. Selama itu hal positif, Insha Allah akan menjadi bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.. Amin! 🙂 🙂

Leave a Reply

